Header Ads

Wujudkan Ketahanan Pangan, Babinsa Lakukan Pendampingan Kepada Petani Di Wilayah Binaan

Anggota Babinsa Koramil 09/ Kaliwungu Babinsa desa Garung lor Sertu Kusmanto melaksanakan Kegiatan pendampingan kepada Kelompok Tani melaksanakan perawatan tanaman Padi di desa Garung lor. Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus, Jum'at (26/04/2024)

Pendampingan kepada Petani ini merupakan kegiatan rutin yang kerap dilakukan oleh Babinsa sebagai implementasi dari tugas Aparatur Kewilayahan guna membantu para petani meningkatkan sektor Pertanian. Dimana setiap tanaman niscaya memerlukan perawatan dan pemeliharaan,  tak terkecuali termasuk tanaman padi.

Kesuburan pertumbuhan padi tidak hanya dengan diberikan pupuk serta disemprot saja, tetapi rumput di sekeliling tanaman padi juga harus selalu dibersihkan sehingga ketersediaan makanan untuk tanaman padi tidak diserap oleh gulma atau rumput pengganggu.sehingga kerugian yang ditimbulkan dari gangguan gulma bisa dihindari.

kegiatan pendampingan kepada petani tersebut dilaksanakan di lahan pertanian milik bapak Sodik kelompok Tani Medal sari dengan luas lahan 2060 m2 dengan usia tanam padi 60 hari

Sertu Kusmanto mengatakan hal  dilakukan sebagai upaya aparat kewilayahan babinsa dalam mendukung program ketahanan pangan  serta memberikan motivasi kepada para petani dalam meningkatkan perekonomian dan ketahanan pangan masyarakat. hal ini merupakan bagian dari tugas para Babinsa untuk membantu masyarakat yang inovatif dan mewujudkan masyarakat produktif yang berekonomi baik dari usaha sendiri.

“mudah-mudahan menjadi motivasi  bagi kelompok tani setempat. Disamping itu, dengan aktif di wilayah akan menciptakan silaturahmi dan keharmonisan bersama masyarakat binaan dan tercipta kemanunggalan TNI dengan Rakyat guna wujudkan ketahanan pangan yang kuat” tambahnya.

Redaktur : Kodim 0722/Kudus
 

No comments:

Powered by Blogger.